Thursday, August 13, 2020
Home > Lifestyle > 7 Jenis Model Celana Panjang Pria

7 Jenis Model Celana Panjang Pria

Jenis Model Celana Panjang Pria

Bukan hanya wanita yang ingin tampil gaya. Pria juga ingin tampil keren saat berpergian. Namun tak jarang pria sering mengenakan pakaian yang sama berulang kali karena nyaman. Bukan hanya atasan baju saja namun juga celana. Padahal, terdapat banyak pilihan jenis celana panjang pria yang dapat dipadukan dengan mudah agar bisa tampil lebih keren.

Jenis Celana Panjang Pria

Tak jarang pria hanya memilih asal celana yang digunakan dan tidak terlalu paham dengan jenis-jenis celana yang ada. Padahal, dengan memahami jenis celana panjang akan lebih mudah memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan tahu perpaduan gaya berpakaian. Maka dari itu berikut akan dibahas jenis celana panjang pria yang umum dikenakan.

  1. Celana Formal

Celana formal atau yang disebut dress pants terdiri dari 2 jenis yaitu lipit (pleated) dan datar tanpa lipit (flat front). Sangat jarang orang menggunakan celana panjang model pleated karena dapat memberikan ilusi bagian bawah tubuh terlihat lebih besar.

Model celana ini lebih sering digunakan oleh orang yang memiliki paha besar sehingga kaki dapat lebih leluasa bergerak. Celana formal dapat dipadukan dengan berbagai jas sesuai denga pemilihan warna celana yang tepat seperti khaki, hitam, abu-abu, biru dongker, atau coklat.

  1. Celana Khaki

Khaki merupakan sebuah warna dari campuran coklat muda dan kuning sehingga memberikan warna seperti debu atau pasir. Awalnya celana ini digunakan untuk keperluan militer namun saat ini sudah digunakan sebagai fashion. Celana ini cocok digunakan kapan saja baik itu untuk tampilan formal ke kantor ataupun celana sehari-hari.

  1. Celana Corduroy

Celana Corduroy terbuat dari bahan kain corduroy yang memiliki tekstur halus karena terbuat dari kain kapas tebal kemudian serat kain dipuntir dan ditenun sejajar sehingga membentuk pola kain yang terlihat seperti tali. Kain corduroy juga memiliki tekstur yang hampir mirip dengan gerigi dari beludru. Celana Corduroy dapat digunakan pada acara-acara santai namun hindari mengenakannya saat cuaca panas karena bahannya yang cukup tebal.

  1. Celana Cargo

Salah satu ciri khas celana cargo yaitu memiliki banyak kantong sehingga celana ini awalnya digunakan oleh para tentara Inggris sehingga memudahkan membawa banyak keperluan. Celana ini mulai populer pada tahun 90-an sebagai celana untuk kegiatan luar karena praktis dan tidak harus membawa tas untuk membawa barang-barang.

  1. Celana Chino

Banyak yang menganggap bahwa celana chino sama dengan celana khaki padahal keduanya jelas berbeda. Celana chino lebih sempit terutama pada bagian ujung yang mengecil atau meruncing. Celana chino juga memiliki warna yang beragam dan terbuat dari bahan yang lebih sintetis sehingga lebih ringan. Celana chino dapat digunakan pada acara semi-formal, kasual atau santai.

  1. Celana Drawstring

Celana drawstring merupakan celana casual yang biasanya terbuat dari katun sehingga memberikan kenyamanan saat dikenakan. Celana ini sering digunakan sebagai celana yang nyaman untuk berolahraga bahkan bahannya cocok. Banyak yang mengenakan celana ini sebagai celana santai apabila ingin berpergian di sekitar rumah.

  1. Celana Jogger

Celana panjang pria yang satu ini memiliki ciri khas yang mudah dikenali yaitu menggunakan karet pada bagian opening leg-nya. Celana ini lebih sering digunakan oleh mereka yang ingin gaya kasual namun tetap sporty. Namun penggunaan sepatu juga harus diperhatikan karena bagian sepatu akan terlihat lebih jelas. Celana jogger lebih cocok dipadukan dengan sepatu training atau sneakers.